Ketua Umum MUI Kampar Menjadi Dewan Hakim MTQ Nasional XXIX Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan

oleh -477 views

Banjarmasin – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kampar, Dr. Mawardi Muhammad Saleh, Lc., MA mendapat kehormatan menjadi Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XXIX yang diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Selatan dari tanggal 10 – 18 Oktober 2022.

MTQ Nasional ke XXVI tahun 2022 diikuti oleh perwakilan dari setiap provinsi yang ada di Indonesia. Dalam keterangan pers, panitia pusat MTQ Nasional ke XXIX Tahun 2022 menyampaikan bahwa MTQN ini akan diikuti oleh peserta sebanyak 1.676 orang dari 34 kafilah Provinsi di Indonesia akan bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur’an dan Al-Hadits, Rijal Ahmad Rangkuty menyampaikan, terdapat 8 cabang dan 23 golongan musabaqah yang diperlombakan. Masing-masing golongan diikuti dua kategori, putra dan putri. Adapun cabang musabaqah yang diperlombakan ada delapan cabang yakni Cabang Tilawah Al-Qur’an, Cabang Qiraat Al-Qur’an, Cabang Hifzil Al-Qur’an, Cabang Fahmil Al-Qur’an, Cabang Syarhil Al-Qur’an, Cabang Khat Al-Qur’an, dan Cabang KTIQ Al-Qur’an. Mawardi Saleh mendapat kehormatan menjadi Dewan Hakim I cabang Tafsir Bahasa Arab. Sedangkan yang bertindak sebagai ketua dewan hakim adalah Almukarram Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawar, MA.

Mawardi yang juga merupakan koordinator divisi dewan hakim Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Riau ini juga pernah menjadi Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional ke XXVII Tahun 2018 di Sumatra Utara dan STQ Nasional ke XXVI di Maluku Utara. “keikutsertaan sebagai dewan hakim MTQ Nasional ke XXIX ini adalah suatu kehormatan bagi saya dan pengurus LPTQ Provinsi Riau”, ucapnya

MTQ Nasional ke XXIX ini dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin bertempat di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Tema yang diangkat pada MTQ Nasional ke XXIX adalah “Dengan MTQ Nasional kita tingkatkan kualitas SDM yang unggul dan Qur’ani untuk mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat”.

Melalui momen perhelatan MTQ Nasional XXIX, KH Ma’ruf Amin berpesan agar peserta MTQ tidak hanya berorientasi pada kemenangan semata,  tetapi lebih kepada memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu agama yang berkaitan dengan Al Quran. “Saya Mengharapkan MTQ tidak semata-mata sebagai wahana untuk berlatih dan berlomba-lomba membaca Al Quran, tapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al Quran,” harapnya.

Logo Resmi MTQN XXIX Tahun 2022 Kalimantan Selatan

Tidak hanya itu, KH Ma’ruf Amin juga berharap peringatan MTQ bisa menumbuhkan nilai silaturahim dan kebersamaan antar kafilah MTQ, sehingga MTQ bisa menciptakan wahana untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah Insaniyah. Di momen bersejarah ini, ikut menyampaikan sambutan Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas dan hantaran kata sebagai tuan rumah dari Gubernur Kalimantan Selatan H. Sohbirin Nur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *