71 TAHUN KABUPATEN KAMPAR

oleh -77 views

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kampar Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Kampar ke 71 (6 Februari 1950 – 6 Februari 2021).

Terbentuknya Kabupaten Kampar telah melalui proses yang cukup panjang. Diawali dengan terbitnya surat Keputusan Gubernur Militer Sumatera Tengah Nomor : 10/GM/STE/49, Tanggal 9 November 1949.

Dimana Kabupaten Kampar merupakan salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Riau yang terdiri dari kewedanaan Pelalawan, Pasir Pengaraian, Bangkinang dan Pekanbaru Luar Kota dengan ibukota Pekanbaru.

Pada Tanggal 1 Januari 1950 ditunjuklah Datuk Wan Abdul Rahman sebagai Bupati Kampar pertama dengan tujuan untuk mengisi kekosongan pemerintah, karena adanya penyerahan kedaulatan Pemerintah Republik Indonesia hasil Konferensi Meja Bundar.

Kemudian tanggal 6 Februari 1950 adalah saat terpenuhinya seluruh persyaratan untuk penetapan hari kelahiran Kabupaten Kampar. Hal ini sesuai ketetapan Gubernur Sumatera Tengah No. : 3/dc/stg/50 tentang penetapan Kabupaten Kampar, yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangga sendiri.

Sejak tanggal 6 Februari 1950 tersebut Kabupaten Kampar telah resmi memiliki nama, batas-batas wilayah, dan pemerintahan yang sah dan kemudian dikukuhkan dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1956 tentang pembentukan otonomi daerah Kabupaten Kampar dan lingkungan Daerah Propinsi Sumatera Tengah.

Selanjutnya, tanggal 6 Februari 1950, ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Kampar yang setiap tahun diperingati.

Kabupaten Kampar Sebagai salah satu kabupaten tertua di Provinsi Riau, Kampar hendaknya terus berdiri kokoh dan terus membangun walaupun kabupaten ini telah dimekarkan dan terbentuk dua kabupaten baru yaitu Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Pelalawan yang berdiri sendiri sejak pasca reformasi 1998.

Kabupaten Kampar telah memasuki usia ke-71 tahun, Sabtu (6/2/2021). Beberapa tokoh berharap negeri berjuluk Serambi Mekkah ini harus terus berbenah dan harus tetap bangkit.

DEWAN PIMPINAN MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) KABUPATEN KAMPAR
Mengucapkan :SELAMAT HARI JADI KABUPATEN KAMPAR KE – 71
BASAMO MAMBOLO NAGOGHI
Mari bersama-sama kita wujudkan “Tali Bapilin Tigo” dalam pembangunan Kampar di segala bidang…
#muikampar #muikabkampar #majelisulamaindonesia
#Kampar #Kabkampar #MUIKampar #Kampar71
@humassetdakampar @kominfokampar @seputarkampar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *